Monday, May 8, 2017

Top 5 Band Punk Rock Indonesia Terbaik Dan Lagunya Yang Enak Didengarkan




Setelah beberapa waktu yang lalu saya membuat daftar band punk rock terbaik versi luar negeri, nah pada artikel ini saya mengulas top band punk rock Indonesia terbaik dan lagunya yang enak didengarkan.

Band Punk Rock Indonesia Terbaik Dan Lagunya Yang Enak Didengarkan
 (sumber foto : taringa.net)

Daftar 5 band dibawah ini saya susun sesuai pendapat saya pribadi dan dari pengetahuan saya setelah selama ini menjadi fans aliran musik punk rock. Tanpa berlama-lama langsung saja baca dibawah ini.

5. Begundal Lowokwaru
Band Begundal Lowokwaru Punk Rock Indonesia Terbaik Dan Lagunya Yang Enak Didengarkan
 (sumber foto : Twitter @BL_rock)

Punk rocker asal kota Malang, Jawa Timur ini memulai petualangannya di industri musik punk rock sejak dibentuk pada tahun 1998 lalu. Dengan berpersonil Chipenk (vokal), John & Fordy (Guitar), Sableg (Bass), Antok (Harmonika) dan Gopel (drum) ini mereka berusaha membuat perubahan dengan menyuarakannya lewat musik.

Gaya bermusiknya yang konsisten keras dan liar tapi tetap mengedepankan tentang kritik terhadap kehidupan sosial membuat band ini menjadi salah satu ikon musisi punk rock indonesia.

Dan lagu-lagunya pun cukup enak untuk didengarkan contohnya saja Equality, Selamat menikah dan Saudara Sebotol.



4. Kawalat
Band Kawalat Punk Rock Indonesia Terbaik Dan Lagunya Yang Enak Didengarkan
(sumber foto : Facebook Kawalat Punkband)

Selanjutnya ada kawalat, band punk rock asal kota Bandung, Jawa Barat yang dibentuk pada tahun 1997 lalu, meskipun sudah melalui 2 kali periode gonta-ganti personil, aura band ini tidak pernah luntur sampai sekarang masih saja memikat para pengemarnya.

Di setiap pertunjukannya Kawalat selalu menampilkan aksi menawan yang enerjik saat menyanyikan lagu mereka tentang kritik sosial dan pesan perdamaian di bumi ini.

Nah lagu mereka yang enak didengarkan seperti Badot, Penindas Babi, Kumaha Sia, Melawan lupa dan Revolusi Sampai Mati.

3. Superiots
Band Superiots Punk Rock Indonesia Terbaik Dan Lagunya Yang Enak Didengarkan
 (sumber foto : Twitter @SuperiotsPunk)

Dibentuk sejak tahun 2009 di kota Bogor, Jawa Barat band superiots secara perlahan merintis karirnya sebagai band punk rock lewat jalur indie. Dengan digawangi Bonet (Vokalis), Kidoy (Drumm), Bime (Guitar) dan Epang (buss) mereka selalu meyuarakan tentang kritik sosial di setiap karyanya.

Meskipun lagu-lagunya cukup tegas, keras dan terlalu kritis hal itu tidak membuat karya mereka ini menjadi kurang enak dinikmati, malah menurut saya pribadi hal itu menjadi ciri khas gaya bermusik mereka yang identik dengan musik punk rock ala jalanan dan patut diapresiasi serta diacungi jempol.

Untuk referensi, jika kamu ingin mendengarkan lagu dari Superiots, saya akan menyebutkan 5 diantaranya yang wajib kamu dengarkan yaitu Lucunya Negeri Kita, Kau Tetap Punk, Koruptor, Nafsu Penguasa dan Hentikan Penderitaan.

2. Marjinal
Band Marjinal Punk Rock Indonesia Terbaik Dan Lagunya Yang Enak Didengarkan
 (sumber foto : Twitter @tarbi_Marjinal)

Setelah menganti nama sebanyak 2 kali dari Anti ABRI serta Anti Military dan pada akhirnya menjadi Marjinal, band ini sudah malang melintang di industri musik sebagai band bergenre punk rock yang paling dinanti setiap pertunjukannya sejak dibentuk pada tahun 1997 lalu.

Lagu-lagu mereka ini berisikan tentag kritik sosial yang dibuat dari hati nurani dari masing-masing personilnya membuat karya mereka ini seolah menjadi mudah dicerna oleh penikmat musik indonesia.

Nahh berikut ini 5 lagu terbagus dari band Marjinal, pertama ada Negri Ngeri, Aku Mau Sekolah Gratis, Boikot, Buruh Tani dan Inilah Kami.

1. Superman Is Dead - SID
Band Superman Is Dead SID Punk Rock Indonesia Terbaik Dan Lagunya Yang Enak Didengarkan
(sumber foto : Twitter @SID_Official)

Band dari pulau Bali ini terdiri dari trio Boby Kool (Vokal & Gitar), Eka Rock  (Bass & Vokal 2) dan Jerinx (Drumer). Pada mulanya band mereka bernama Superman Is Silver Gun karena merasa kurang bermakna akhirnya mereka mengantinya dengan nama Superman Is dead (disingkat SID) memiliki arti tidak ada manusia yang sempurna.

Kenapa saya menempatkan  mereka ini diposisi pertama band beraliran punk rock terbaik?, karena gaya bermusiknya yang idealis dan kritis tapi tetap puitis membuat band mereka ini memiliki pembeda dari band sejenis pada umumnya sehinga memudahkan bagi pengemarnya untuk mengenali karya.

Selain itu musik yang telah mereka hasilkan tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya, apabila kamu kurang setuju dengan pendapat saya ini, saya sarankan kamu untuk mendengarkan lagu mereka dijamin keren abis. Lagu dari Superman Is Dead yang bagus sebenarnya hampir semuanya tapi kali ini saya akan memberikan 5 contohnya saja yaitu Sunset Ditanah Anarki, Jadilah Legenda, Kita Vs Mereka, Cerita Semalam dan Jika kami Bersama.

Ya itulah ke 5 band punk rock Indonesia terbaik dan Lagunya yang enak untuk Didengarkan, kenapa saya hanya memilih 5 saja diantara banyaknya band beraliran serupa di negara kita tercinta ini, alasannya adalah agar artikel ini tidak terlalu panjang, maka dari itu jika ada kesempatan lagi saya akan menerbitkan bagian keduanya dengan berisikan band punk rock terbaik lainnya.

Terimakasih sudah mau meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Bye!

2 comments

gan kalau band reage Indonesia yang lagunya bagus-bagus apa aja ya?

Kalau band reggae Indonesia yang lagunya bagus-bagus itu semisal Shaggydog,Steven & Coconut Treez, Souljah dan lainnya,

Mungkin di lain kesempatan akan saya buatkan reviewnya tentang Band reggae Indonesia terbaik dan lagunya yang enak didengarkan, spesial buat agan.

Terimakasih juga sudah berkunjung di blog saya gan.


EmoticonEmoticon